Friday, September 22, 2017

Tips Sebelum Mengendarai Motor

1.Sebelum Anda Memulai Mengendarai Motor

Belajar mengendarai sepeda motor sama seperti belajar menyetir. Keduanya bisa sedikit mengintimidasi pada awalnya. Tapi jika Anda mendekati mengendarai sepeda motor dengan hati-hati dan hati-hati, Anda bisa membuat proses belajar kurang mengintimidasi.Begitu Anda sudah menyelesaikan jenis sepeda motor, membeli perlengkapan keselamatan yang memadai, dan mengurus perizinan dan asuransi, Anda hampir siap untuk mengendarai mobil. Tapi ingat: Safety dulu. Tidak ada pengganti untuk kursus SNI atau helm yang pas.Satu hal lagi. Anda juga ingin memastikan bahwa Anda memberikan pemeriksaan menyeluruh pada sepeda motor sebelum menabrak jalan.SNI telah membuat daftar periksa yang mereka sebut T-CLOCS:

• Ban, roda.
  • Kontrol (tuas dan pedal, kabel, selang, throttle).
  • Cahaya (baterai, lampu depan, sinyal belok, cermin, dll.).
  • Minyak (tingkat cairan).
  • Sasis (bingkai, suspensi, rantai, dll.).
  • Standar (standar tengah dan / atau standar satu).
Sekarang setelah Anda mengurus dasar-dasar, saatnya belajar naik sepeda motor. Daftar periksa berikut dapat membantu Anda untuk pergi.
Aksesoris Keselamatan

Bahkan pada kecepatan parkir, mudah sekali mengikis diri dalam kecelakaan sepeda motor. Pastikan Anda terlindungi dengan mengenakan perlengkapan pengaman sebanyak mungkin, termasuk sarung tangan, pakaian lapis baja, dan sepatu bot. Bahkan jika Anda tidak tinggal di salah satu negara bagian yang mengharuskan beberapa atau semua pengendara sepeda motor memakai helm, selalu ada ide bagus untuk memakainya. Begitu Anda berpakaian untuk bagian itu, Anda siap untuk naik sepeda.

Memasang Posisi Berkendara

Bergantung pada seberapa tinggi Anda, memasang sepeda motor bisa menjadi canggung jika Anda tidak tahu cara mengendarainya. Berdiri di sisi kiri sepeda Anda dengan lutut sedikit tertekuk dan berat badan Anda berpusat di kaki Anda. Mencapai dan meraih pegangan yang tepat dengan tangan kanan Anda, lalu letakkan tangan kiri Anda di pegangan kiri sehingga Anda sedikit condong ke depan sepeda motor.Untuk memasang sepeda motor, goyangkan berat badan Anda ke kaki kirinya, lalu tendang kaki kanan Anda ke belakang, naik dan melewati sepeda motor. Hati-hati mengangkat kaki tinggi-tinggi, atau mungkin tertangkap sebelum sampai ke sisi lain sepeda motor. Begitu Anda mengangkangi sepeda motor, duduklah dan kenali kontrol sepeda motor Anda. Perhatikan posisi footpeg dan lokasi sinyal belok, tanduk, dan lampu. Ingatlah untuk memastikan bahwa cermin Anda disesuaikan; Anda akan bergantung pada mereka saat berkuda.
Kecepatan dan Rem

Saat mengendarai sepeda motor, tangan kanan Anda bertanggung jawab atas dua fungsi penting: percepatan dan pengereman. Dengan memutar pegangan ke arah Anda (sehingga pergelangan tangan Anda bergerak ke bawah), Anda menerapkan throttle. Sedikit twist berjalan jauh, jadi pilah dengan kontrol ini karena memutar mesin bisa menyebabkan ketidakstabilan atau menyebabkan roda depan meninggalkan trotoar.Tangan kanan Anda juga mengontrol rem depan dengan tuas rem. Kelenturan sangat penting disini. Yank tuasnya terlalu keras, dan rem depan bisa mengunci, menyebabkan sepeda motornya tergelincir dan bahkan menabrak. Meskipun kebanyakan tuas rem hanya membutuhkan dua jari, beberapa meminta Anda untuk menggunakan seluruh tangan Anda.Kaki kanan Anda, sementara itu, mengendalikan rem belakang. Rem mana yang terbaik untuk digunakan? Pakar keselamatan mengatakan bahwa, dalam situasi yang paling, dengan lembut menerapkan rem belakang terlebih dahulu, kemudian mereda dan perlahan menerapkan rem depan adalah cara yang paling efektif untuk berhenti. Tapi pengereman dengan aman juga tergantung dari jenis sepeda motor yang Anda tumpangi. Jika Anda memakai sportbike, Anda mungkin bisa lolos dengan hanya menggunakan rem depan Anda; Jika Anda berada di kapal penjelajah berat, Anda akan lebih mengandalkan rem belakang Anda.
Kopling

Kopling adalah tuas tepat di depan pegangan tangan kiri. Sebagian besar sportbikes hanya membutuhkan operasi dua jari. Tur, jelajah, dan sepeda motor lainnya sering membutuhkan seluruh tangan untuk meraih tuasnya.Kopling pada sepeda motor melakukan hal yang sama dengan kopling mobil; Ini melibatkan dan melepaskan transmisi dan mesin. Saat Anda menekan tuas kopling, Anda secara efektif meletakkan   sepeda motor di netral (bahkan jika penggeseknya di gigi). Saat Anda melepaskannya, Anda melibatkan mesin dan transmisi. Berlatihlah menarik kopling dengan tangan kiri perlahan. Bayangkan itu sebuah dial dengan berbagai kekuatan, bukan tombol rocker on / off, dan yo

Naik dan Turun Gigi

Sepeda motor bergeser secara berbeda dari pada mobil. Saat beroperasi dengan prinsip yang sama, sepeda motor bergeser dieksekusi dengan menggerakkan tuas ke atas atau ke bawah dengan kaki kiri. Pola pergeseran yang khas, yang disebut "satu ke bawah, lima," terlihat seperti ini:

Gigi keenam (jika ada).

Gigi kelima

Gigi keempat

Gigi ketiga

Gigi kedua

Netral.

Gigi pertama                biasa gigi di sepeda motor bebek di indonesia sampai gigi empat :v

Menemukan netral dengan kaki kiri Anda membutuhkan beberapa membiasakan diri. Berlatih dengan mengklik shifter bolak-balik; cari hijau "N" untuk menerangi alat ukur. Sementara beberapa sepeda motor bisa digeser tanpa menggunakan kopling, biasakan menggunakan kopling setiap kali bergeser.Seperti transmisi manual di mobil, mulailah dengan melepaskan kopling, lalu bergeser gigi dan perlahan kembali melibatkan kopling. Bulu throttle dengan kopling menambahkan kelancaran ke proses perpindahan. Pastikan untuk tidak over-rev di setiap roda gigi dan bergeser sebelum mesin mulai bekerja terlalu keras.
Memulai Sepeda Motor

Kecuali Anda memiliki sepeda motor vintage, sepeda motor Anda memiliki pengapian elektronik yang membuat mesin mulai semudah dengan mobil. Sepeda motor Anda tidak akan menyala kecuali saklar membunuh berada di posisi "on", jadi turunkan sebelum Anda memutar kunci (saklar pembom biasanya adalah saklar rocker merah yang dioperasikan oleh ibu jari kanan). Selanjutnya, putar kunci ke posisi "kunci kontak", yang biasanya ke kanan.Pastikan Anda netral, lalu gunakan jempol kanan untuk menekan tombol start, yang biasanya terletak di bawah sakelar mematikan dan ditandai dengan logo panah melingkar yang mengelilingi baut petir. Banyak sepeda motor mengharuskan Anda melepaskan kopling saat menghidupkan mesin. Ini hanyalah tindakan pencegahan untuk mencegah agar sepeda motor tidak sengaja melaju ke depan karena ada gigi.Saat Anda memegang tombol start, mesin akan berbalik dan mulai menganggur. Sepeda motor  karburator mungkin memerlukan sedikit putaran throttle saat mesin menyala untuk mendapatkan bahan bakar ke dalam silinder; Sepeda motor yang disuntikkan bahan bakar tidak membutuhkan ini.
Pemanasan Mesin

Praktik pemanasan mesin mobil telah banyak menjadi usang, namun pemanasan mesin sepeda motor masih menjadi bagian penting dari ritual berkuda, terutama saat sepeda motor dikremasi. Dengan melakukan hal tersebut, pastikan mesin menghasilkan tenaga yang konsisten dan konsisten saat Anda memulai perjalanan. Anda harus diam selama 45 detik sampai beberapa menit, tergantung pada faktor-faktor seperti suhu lingkungan, perpindahan mesin, dan kapasitas oli. Gunakan alat pengukur suhu sebagai panduan umum, dan hindari menghidupkan mesin.
Standar satu

Sebagian besar sepeda motor modern otomatis mati jika kickstand masih turun saat sepeda motornya digerakkan. Jika sepeda motor Anda tidak dilengkapi dengan fitur ini, pastikan Anda mencabut kickstand dengan menendangnya dengan kaki kiri dan membiarkannya diselipkan di bawah bagian bawah bodi mobil. Tidak melakukannya bisa menghasilkan bahaya keamanan yang serius.Centerstands, yang dipasang di bawah sepeda motor, mengharuskan sepeda motornya diayunkan ke depan. Berdiri di sebelah kiri sepeda motor, letakkan tangan kiri Anda di pegangan kiri dan luruskan ban depan. Letakkan kaki kanan Anda di tang tengah berdiri untuk memastikannya rata di tanah, lalu dorong sepeda motor dengan lembut ke depan. Tempat berdiri harus kemudian klik dan pop up.
Naik dan kemudi

Sekarang setelah Anda meninjau semua langkah bagaimana mengendarai sepeda motor, saatnya untuk menghantam jalan. Tarik tuas kopling, tekan shifter ke roda gigi pertama, lepaskan kopling perlahan, dan mulailah merasakan sepeda motor bergerak maju. Dengan lembut memutar throttle, Saat sepeda  motor melaju maju, letakkan kaki Anda di pasak.Tentu saja, Anda tidak akan naik dalam garis lurus. Anda harus tahu cara menyetir sepeda motor Anda. Sama seperti sepeda motor , sepeda motor diputar dengan countersteering di atas sekitar 10 mph, bukan dengan memutar setang dari kiri ke kanan. Countersteering melibatkan mendorong pegangan di sisi yang ingin Anda putar. Jika Anda ingin berbelok ke kanan, Anda harus bersandar sedikit ke kanan sambil mendorong pegangan tangan kanan dari Anda. Turning sebenarnya lebih mudah dilakukan daripada mendeskripsikan, jadi percayalah naluri Anda saat Anda keluar dengan sepeda motor.Aturan utamanya adalah manuver sepeda motor Anda dengan sentuhan halus dan masukan bertahap. Melakukan hal itu tidak hanya akan membuat Anda menjadi pengendara yang lebih aman, ini akan membuat Anda berkuda lebih anggun dan tanpa usaha. Ingatlah untuk memulai dengan perlahan. Belajar mengendarai sepeda motor dengan skill butuh waktu dan latihan.

Ingat keselamatan no.1 gunakan keselamatan berstandar SNI.