Pertama-tama ganti oli mesin atau oli gear yang sesuai dengan motor kalian sesering mungkin saat melumasi roda gigi dan mesin Anda, dan jaga agar mesin tetap dingin. Tidak mengubah oli mesin akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada mesin yang tidak bisa diperhatikan sejak dini. Manual pemilik akan menentukan seberapa sering minyak harus diganti dan jadwal ini harus diikuti
Busi
Busi adalah barang yang menyebabkan percikan yang pada gilirannya akan menyalakan bensin. Ini harus diubah seperti yang ditentukan dalam manual pemilik (atau jika ada masalah). Sangat penting untuk menggunakan kelas dan jenis busi yang benar. Jika manual menunjukkan steker iridium maka ini bisa sepadan dengan biaya tambahan, yang bertahan sejauh 10.000 mil (16.000 km) atau lebih. Mengingat butuh beberapa jam untuk mengakses busi pada banyak sepeda modern ini menghabiskan uang dengan baik.
Melumas Rantai
Rantai yang memutar ban belakang harus terus dilumasi. Jika terus dilumasi, seharusnya bertahan untuk waktu yang sangat lama (30.000 mil (48.000 km) tidak biasa). Jika tidak dilumasi, itu akan rusak karena kelebihan panas dan akan dipakai. Ini kumulatif memakai pada semua link yang terpisah membuat rantai longgar, dan lebih cenderung jatuh dari sprockets. Ini bisa sangat berbahaya memang. Prosedur pengetatan rantai harus dirinci dalam manual pemilik, namun ingatlah bahwa terlalu ketat jauh lebih buruk daripada terlalu longgar.
Tune Up
Tune up sangat penting untuk motor anda agar kalian tahu apakah ada komponen yang perlu di repair , motor sewaktu waktu akan berubah setelannya berbagai kendala yang terjadi pada motor kalian , untuk menghindari hal hal tersebut anda harus melakukan pengecekan rutin tune up saya sarankan ke bengkel resmi soalnya bengkel resmi lebih tahau kendala apa yang terjadi pada motor kalian
Sebelum motor dijalankan
Sebelum kalian berangkat menggunakan motor pagi-pagi sebaiknya kalian memanaskan mesin terlebih dahulu sekitar jangan terlalu lama memanaskan mesin cukup 3-5 menit saja kalau mesin dipanaskan terlalu lama dan tidak jalan akan berakibat kerusakan pada mesin motor kalian
Memeriksa Ban
Memeriksa ban tapak setiap seminggu sekali adalah kebiasaan yang baik. kalian harus mengganti ban saat kalian melihat adanya perubahan pada cara motor menangani, seperti yang ditentukan oleh undang-undang setempat, atau paling cepat saat tapaknya dikenakan ke batang pakaian. Ban yang tidak terlalu panas akan menjadi terlalu panas dan mungkin akan gagal. Ban berlebih meningkat akan memberi pegangan kurang optimal.
Membersihkan motor
Mencuci motor juga penting untuk motor anda selain motor kalian terlihat bersih kalian juga bisa mengecek apakah ada baut/onderdil bagian motor yang hilang
Sekian tips dari saya cara merawat motor dengan benar semoga bermanfaat bagi kalian semua :v
No comments:
Post a Comment